الجواب المفيد عن حكم التهنئة بالعيد
Hukum Ucapan Selamat Hari Raya وإن من التحية المشروعة يوم العيد والتي تكون سببا
قويا من أسباب تأليف القلوب وتحابها التهنئة بالعيد التي كان الصحابة يقولها بعضهم
لبعض ، Di antara penghormatan yang dituntunkan pada hari ied yang merupakan
faktor yang sangat efektif untuk mewujudkan kesatuan dan kedekatan hati adalah
ucapan selamat hari raya yang diucapkan oleh para sahabat ketika bersua dengan
sesama mereka. وهذه التهنئة ليست خاصة بعيد دون آخر ، بل هي مشروعة في كلا العيدين.
Ucapan selamat ini tidak hanya berlaku untuk idul fitri saja bahkan berlaku
untuk dua hari raya idul fitri dan idul adha. بعضهم زعم أن التهنئة خاصة بعيد الفطر
دون عيد الأضحى ، وهذا قول غريب ليس عليه آثار من آثار العلم والهدى ، ولا هو من هدي
صحابة المصطفى. Sebagian orang beranggapan bahwa ucapan selamat hari raya
tersebut hanya berlaku untuk iedul fitri tanpa iedul adha. Ini adalah pendapat
yang aneh, tidak berdalil dan tidak demikian yang dicontohkan oleh para
shahabat Nabi. ذكر الآثار الواردة في التهنئة يوم العيد Riwayat-riwayat tentang
ucapan selamat hari raya وردت طائفة طيبة من الآثار جاء فيها ذكر التهنئة بالعيد واستحبابها
، ذكر منها البيهقي طائفة لا بأس بها في سننه الكبرى ( ج3 / 319 ). Ada sejumlah
riwayat yang menyinggung ucapan selamat hari raya bahkan menganjurkannya.
Sebagian besar diantaranya telah disebutkan oleh al Baihaqi dalam Sunan Kubro
juz 3 hal 319. فقال رحمه الله : باب ما روي في قول الناس يوم العيد بعضهم لبعض تقبل
الله منا ومنك Al Baihaqi mengatakan, “Bab berisi riwayat tentang ucapan selamat
ketika hari ied dengan kata-kata taqabballahu minna wa minka” عن خالد بن معدان قال
لقيت واثلة بن الأسقع في يوم عيد فقلت تقبل الله منا ومنك . فقال : نعم ، تقبل الله
منا ومنك . قال واثلة لقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عيد فقلت تقبل الله منا
ومنك . قال : نعم ، تقبل الله منا ومنك . Dari Khalid bin Ma’dan, “Aku berjumpa
dengan Watsilah bin al Asqa’ pada hari ied lantas kukatakan taqabbalallu minna
wa minka”. Jawaban beliau, “Na’am, taqabbalallahu minna wa minka”. Watsilah
lantas bercerita bahwa beliau berjumpa dengan Rasulullah pada hari ied lalu
beliau mengucapkan, “taqabbalallu minna wa minka”. Jawaban Rasulullah
adalah“Na’am, taqabbalallahu minna wa minka” أخبرنا أبو سعد الماليني وبنفس السند
إلى واثلة بن الأسقع قال لقيت رسول الله يوم عيد فقلت تقبل الله منا ومنك.قال:نعم،تقبل
الله منا ومنك . Abu Saad al Maliyani juga meriwayatkan dengan sanad yang sama
dengan yang di atas sampai ke Watsilah bin al Asqa’, beliau mengatakan, “Aku
berjumpa dengan Rasulullah pada hari ied lalu kukatakan, “taqabbalallu minna wa
minka”. Jawaban Rasulullah adalah“Na’am, taqabbalallahu minna wa minka” أخبرنا أبو
سعد الماليني قال : قال أبو أحمد بن عدي الحافظ هذا منكر لا أعلم يرويه عن بقية غير
محمد بن إبراهيم هذا . Al Hafizh Abu Ahmad bin Adi mengatakan, “Hadits ini
statusnya adalah munkar (baca:lemah). Setahuku tidak ada yang meriwayatkan dari
Baqiyah kecuali Muhammad bin Ibrahim ini”. قال الشيخ رحمه الله ( يعني البيهقي )
قد رأيته بإسناد آخر عن بقية موقوفا غير مرفوع ، ولا أراه محفوظا . Al Baihaqi
mengatakan, “Aku pernah menjumpai sanad yang lain dari Baqiyyah secara mauquf,
bukan marfu namun aku tidak menilainya sebagai hadits yang mahfuzh” قلت : بقية مدلس
، وقد عنعنه ، ثم قد اختلف عليه فيه فمرة يرويه مرفوعا وأخرى موقوفا ، فالحديث ضعيف
لهاتين العلتين والله أعلم . Kesimpulannya, Baqiyah adalah seorang mudallis dan
dalam sanad di atas dia menggunakan ‘an yang berarti dari. Yang kedua riwayat
dari Baqiyah itu kontradiktif terkadang dalam bentuk marfu’ dan terkadang dalam
bentuk mauquf. Sehingga hadits di atas adalah hadits yang lemah dengan dua
sebab di atas. أخبرنا أبو عبد الله الحافظ ثنا أبو العباس محمد بن يعقوب حدثنا العباس
بن محمد حدثنا أحمد بن إسحاق حدثنا عبد السلام البزاز عن أدهم مولى عمر بن عبد العزيز
قال : كنا نقول لعمر بن عبد العزيز في العيدين تقبل الله منا، ومنك يا أمير المؤمنين
فيرد علينا ولا ينكر ذلك علينا . Dari Adham, bekas budaknya Umar bin Abdul Aziz,
“Kami mengatakan kepada Umar bin Abdul Azizi ketika Iedul Fitri dan Adha,
taqabbalallu minna wa minka wahai pemimpin orang-orang yang beriman. Beliau
menjawab ucapan kami dan tidak menyalahkan kami”. قال ابن التركماني رحمه الله في
ذيله على السنن الكبرى المسمى< < الجوهر النقي على سنن البيهقي ( ج 3/ 320
): في هذا الباب حديث جيد أغفله البيهقي وهو حديث محمد بن زياد قال: كنت مع أبي أمامة
الباهلي وغيره من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم فكانوا إذا رجعوا يقول بعضهم لبعض
تقبل الله منا ومنك . قال أحمد بن حنبل إسناده إسناد جيد Ibnu Turkumani dalam
Dzail (baca:tambahan) beliau untuk Sunan Kubro yang berjudul al Jauhar al
Naqiyyi ‘ala Sunan al Baihaqi juz 3 hal 320 mengatakan, “Dalam masalah ini
terdapat hadits dengan kualitas jayyid yang tidak disebutkan oleh al Baihaqi.
Itulah hadits Muhammad bin Ziyad, “Aku bersama dengan Abu Umamah al Bahili dan
sejumlah sahabat Nabi yang lain. Jika mereka pulang dari shalat Ied sebagian
mereka mengatakan kepada sebagian yang lain taqabbalallahu minna wa minka”.
Ahmad bin Hanbal mengatakan bahwa sanad hadits ini adalah berkualitas jayyid. قال
العلامة الشيخ الألباني رحمه الله تمام المنة ( 355 (356- بعد أن ساق كلام ابن التركماني
في الجوهر النقي: لم يذكر من رواه – أي ابن التركماني- وقد عزاه السيوطي لزاهر أيضا
بسند حسن عن محمد بن زياد الألهاني قال: رأيت أبا أمامة الباهلي يقول في العيد لأصحابه
: تقبل الله منا ومنكم Al Albani dalam Tamam al Minnah 355-356 setelah
membawakan perkataan Ibnu Turkumani dalam al Jauhar al Naqiyy mengatakan, “Ibnu
Turkumani tidak menyebutkan siapa yang meriwayatkan atsar tersebut. Sedangkan
Suyuthi mengatakan bahwa atsar tersebut diriwayatkan oleh Zahir dengan sanad
yang hasan dari Muhammad bin Ziyad al Alhani, “Aku melihat Abu Umamah al Bahili
mengucapkan taqabbalallahu minna wa minkum kepada kawan-kawannya”. قلت : فقد صح
الأثر والحمد لله الذي بنعمته تتم الصالحات بشهادة ثلاثة من فحول وفرسان علم الحديث.
Kesimpulannya atsar di atas adalah riwayat yang sahih berdasarkan penilaian
tiga pakar hadits, Imam Ahmad, Ibnu Turkumani dan Suyuthi. قال الحافظ ابن حجر في
فتح الباري (ج2/ ص446) : ورينا في المحامليات بإسناد حسن عن جبير بن نفير قال: كان
أصحاب رسول الله إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض:تقبل الله مناومنك >>
Dalam Fathul Bari juz 2 hal 446, al Hafizh Ibnu Hajar mengatakan, “Kami
mendapatkan riwayat dalam al Mahamiliyyat dengan sanad yang hasan dari Jubair
bin Nufair, beliau menceritakan bahwa para shahabat Nabi jika saling berjumpa
pada hari ied mereka saling mengatakan taqabbalallahu minna wa minka”. وأنظر أيضا
تمام المنة للشيخ الألباني رحمه الله( ص354 – 355). Bacalah Tamam al Minnah karya
al Albani pada hal 354-355. وفيه من الفوائد : Beberapa petikan pelajaran 1- قوله
: كنت مع أبي أمامة الباهلي رضي الله عنه .. حرص التابعين على التعلم من الصحابة والاقتداء
فيما يقومون به من أعمال . Pertama, atsar dari Abu Umamah menunjukkan betapa
besar antusias para tabiin untuk belajar dari para shahabat dan meneladani amal
yang dilakukan oleh para shahabat. 2- وقوله وغيره من أصحاب النبي صلى الله عليه وسلم
،وقول جبير بن نفير : كان أصحاب رسول الله ، يعني ثبت عن مجموع الصحابة، وليس عن أبي
أمامة فقط .. Kedua, atsar dari Abu Umamah dan dari Jubair bin Nufair
menunjukkan bahwa ucapan taqabbalallahu minna wa minka itu dilakukan oleh
sejumlah sahabat, bukan hanya Abu Umamah al Bahili. 3- أن قول ذلك كان عند رجوعهم
وانصرافهم من صلاة العيد . Ketiga, ucapan ini diucapkan sepulang para sahabat
dari shalat ied. 4- وأن ذلك يكون منهم في يوم العيد كما جاء في رواية جبير بن نفير
قال: كان أصحاب رسول الله إذا التقوا يوم العيد يقول بعضهم لبعض:تقبل الله مناومنك.
Keempat, ucapan tersebut diucapkan oleh para shahabat pada hari ied sebagaimana
dalam atsar dari Jubair bin Nufair. Penjelasan Para Ulama tentang Ucapan
Selamat Ied وقد سئل شيخ الإسلام ابن تيميه قدس الله روحه : هل التهنئة في العيد وما
يجري على ألسنة الناس : < < عيدك مبارك >> وما أشبهه ، هل له أصل في الشريعة
؟ أم لا؟ وإذا كان له أصل في الشريعة فما يقال ؟ أفتونا مأجورين . Ibnu Taimiyyah
pernah ditanya, “Apakah ucapan selamat hari raya yang biasa diucapkan oleh
banyak orang semisal “Ied Mubarak” memiliki dasar dalam agama ataukah tidak?
Jika memang memiliki dasar dalam ajaran agama lalu ucapan apa yang tepat?
Berilah kami fatwa”. الجواب: أما التهنئة يوم العيد يقول بعضهم لبعض إذا لقيه بعد
صلاة العيد : تقبل الله منا ومنك. وأحاله الله عليك، ونحو ذلك، فهذا قد روي عن طائفة
من الصحابة أنهم كانوا يفعلونه ، ورخص فيه الأئمة كأحمد وغيره . Jawaban Ibnu
Taimiyyah, “Ucapan taqabbalallahu minna wa minka atau ucapan ahalahullahu
‘alaika yang dijadikan sebagai ucapan selamat hari raya yang diucapkan ketika
saling berjumpa sepulang shalat hari raya adalah ucapan yang diriwayatkan dari
sejumlah shahabat bahwa mereka melakukannya. Karenanya banyak ulama semisal
Imam Ahmad membolehkan hal tersebut. لكن قال أحمد أنا لا أبتدئ أحدا ، فإن ابتدأني
أحد أجبته ، وذلك لأن جواب التحية واجب ، وأما الإبتداء بالتهنئة فليس سنة مأمورا بها
، ولا هو أيضا مما نهي عنه ، Akan tetapi Imam Ahmad mengatakan, “Aku tidak mau
mendahului untuk mengucapkan selamat hari raya namun jika ada yang memberi
ucapan selamat hari raya kepadaku maka pasti akan aku jawab”. Beliau mengatakan
demikian karena menjawab penghormatan hukumnya wajib sedangkan memulai
mengucapkan selamat hari raya bukanlah sunnah Nabi yang diperintahkan, bukan
pula hal yang terlarang. فمن فعله فله قدوة ، ومن تركه فله قدوة . والله أعلم.
Siapa yang memulai mengucapkan selamat hari raya dia memiliki teladan dari para
ulama dan yang tidak mau memulai juga memiliki teladan dari kalangan ulama”. مجموع
الفتاوى لابن تيميه (ج24 / ص233) ،والفتاوى الكبرى له ( ج2 /ص371). Perkataan Ibnu
Taimiyyah ini ada di Majmu Fatawa jilid 24 hal 233 dan di Fatawa Kubro jilid 2
hal 371. قال ابن ضويان الحنبلي رحمه الله في منار السبيل (ج1 / ص100 ) ولا بأس بقوله
لغيره تقبل الله منا ومنك ، نص عليه أي في مذهب أحمد ، قال لا بأس به ، يرويه أهل الشام
عن أبي أمامة ، وواثلة بن الأسقع Ibnu Dhawayan al Hanbali dalam Manar al Sabil
jilid 1 hal 100 mengatakan, “Tidaklah mengapa mengucapkan taqabbalallahu minna
wa minka. Demikianlah yang ditegaskan dalam mazhab Ahmad. Imam Ahmad
mengatakan, “Ucapan tersebut tidaklah mengapa diucapkan. Para penduduk Syam
telah meriwayatkan atsar tersebut dari Abu Umamah dan dari Watsilah bin al
Asqa’”. وقال الشيخ صالح البليهي رحمه الله في كتابه السلسبيل في معرفة الدليل : (ج1
/209 ) بعد الكلام على صلاة العيدين. Syaikh Shalih al Balihi dalam kitabnya al
Salsabil fi Ma’rifati al Dalil jilid 1 hal 209 mengatakan setelah membahas
shalat dua hari raya mengatakan, تكملة : لا بأس بتهنئة الناس بعضهم بعضا بما هو مستفيض
بينهم من الكلام الذي لا محذور فيه ، “Boleh hukumnya mengucapkan ucapan selamat
hari raya dengan ucapan yang beredar di masyarakat asalkan tidak ada unsur yang
terlarang dalam ucapan tersebut”. ثم ذكر حديث واثلة ، وأبي أمامة ، وقول الإمام أحمد
، ثم قال : ويدل لما تقدم – أي التهنئة – ما ورد أن الملائكة قالت لآدم لما حج بر حجك
. ولما تاب الله على كعب بن مالك قام إليه طلحة فهنئه . Setelah itu beliau
menyebutkan hadits Watsilah dan Abu Umamah ditambah ucapan Imam Ahmad. Kemudian
beliau mengatakan, “Di antara dalil yang menunjukkan bolehnya ucapan selamat
hari raya adalah riwayat yang berisi ucapan para malaikat kepada Adam setelah
Adam berhaji, “Moga jadi haji mabrur”. Dalil yang lain adalah ucapan selamat
yang diberikan oleh Thalhah kepada Kaab bin Malik ketika Allah menerima taubat
Kaab. وقال عليه الصلاة والسلام :ليهنئك العلم أبا المنذر في قصة مشهورة .أه
Demikian pula, ucapan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ubay bin Kaab,
“Moga ilmu itu menjadi suatu yang mudah bagimu” dalam sebuah kisah yang
terkenal”. ذكر الآثار الواردة في كراهية التهنئة يوم العيد : Riwayat yang melarang
ucapan selamat hari raya لم يصح في ذلك شيء ولله الحمد والمنة . Tidak ada
satupun riwayat yang shahih terkait hal ini. قال البيهقي رحمه الله في السنن الكبرى:
(ج3 / 319 –320 ). وقد روي حديث مرفوع في كراهية ذلك ولا يصح . Al Baihaqi dalam
Sunan Kubro juz 3 hal 319-320 mengatakan, “Terdapat hadits marfu’ yang melarang
ucapan selamat hari raya namun hadits tersebut bukanlah hadits yang shahih”. ثم
ساق بسنده إلى الصحابي عبادة بن الصامت قال : سألت رسول الله عن قول الناس في العيدين
تقبل الله منا ومنكم .قال ذلك فعل أهل الكتابين وكرهه. Setelah itu al Baihaqi
membawakan hadits dari Ubadah bin Shamit, Aku bertanya kepada Rasulullah
tentang ucapan yang diucapkan oleh banyak orang ketika dua hari raya yaitu
ucapan taqabbalallahu minna wa minkum. Nabi bersabda, “Itu adalah perbuatan
Yahudi dan Nasrani”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak menyukainya. قال البيهقي:
عبد الخالق بن زيد- أحد الرجال الذين رووا هذا الحديث – منكر الحديث . قاله البخاري
. Al Baihaqi mengatakan, “Salah seorang perawi hadits di atas yaitu al Khalid
bin Zaid adalah munkarul hadits”. قلت : وفيه نعيم بن حماد ، وإن كان إماما في السنة
وشديدا على أهل البدع والأهواء فقد ضعف من أجل روايته للمناكير وتفرده بها. Di
samping itu di dalam sanadnya juga terdapat Nu’aim bin Hammad. Meski beliau
adalah seorang imam dalam sunnah dan seorang yang keras dengan ahli bid’ah,
beliau dinilai lemah dikarenakan beliau sering bersendirian dalam meriwayatkan
riwayat-riwayat yang munkar. وعلى هذا يكون هذا الحديث ضعيف لضعف كل من نعيم بن حماد
وعبد الخالق بن زيد، ولمخالفته للآثار الأخرى وهي صحيحة في استحباب التهنئة ومشروعيتها
في العيدين . Berdasarkan uraian di atas maka hadits di atas adalah hadits yang
lemah dengan dua alasan. Pertama kelemahan perawi yang bernama Nu’aim bin
Hammad dan al Khaliq bin Zaid. Kedua riwayat tersebut bertolak belakang dengan
berbagai riwayat lain yang shahih yang menunjukkan dianjurkannya ucapan selamat
pada dua hari raya. الراجــــــــــــح : وعليه فهذا هو الراجح لثبوته عن السلف ،وخاصة
الصحابة منهم في فعل التهنئة ، Kesimpulannya, yang benar ucapan selamat dengan
taqabbalallahu minna wa minka adalah perbuatan yang disyariatkan karena telah
dipraktekkan oleh salaf, terlebih lagi para shahabat. وما ذهب إليه هؤلاء الأئمة
الأعلام الذين ذكرت لك أقوالهم آنفا. Inilah yang menjadi pendapat para ulama yang
perkataan mereka telah dikutip di atas. مسألة : هل تختص التهنئة بعيد الفطر دون عيد
الأضحى أم هي عامة : Apakah ucapan selamat hari raya hanya berlaku untuk iedul
fitri saja ataukah untuk semua hari raya? لم يثبت ولا حديث مرفوع إلى النبي أو أثر
عن الصحابة والتابعين فيما نعلم فيه ذكر اختصاص التهنئة بعيدالفطر دون غيره ، بل ثبت
خلاف ذلك. Tidak ada hadits marfu’ sampai kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam atau atsar dari shahabat dan tabiin-sebatas pengetahuan kami-yang
menyebutkan bahwa ucapan selamat hari raya itu hanya berlaku untuk iedul fitri
saja. Bahkan terdapat riwayat yang sebaliknya. قال البيهقي في سننه الكبرى(ج3 /ص319
): أخبرنا أبو عبد الله الحافظ حدثنا أبو العباس محمد بن يعقوب حدثنا العباس بن محمد
حدثنا أحمد بن إسحاق حدثنا عند السلام البزاز عن أدهم مولى عمر بن العزيز قال كنا نقول
لعمر بن عبد العزيز ( في الـعيدين ) تقبل الله منا ومنك يا أمير المؤمنين فيرد علينا
ولا ينكر ذلك علينا. Riwayat tersebut terdapat dalam Sunan Kubro karya al
Baihaqi pada juz 3 hal 319. Dari Adham, bekas budaknya Umar bin Abdul Aziz,
“Kami mengatakan kepada Umar bin Abdul Azizi ketika Iedul Fitri dan Adha,
taqabbalallu minna wa minka wahai pemimpin orang-orang yang beriman. Beliau
menjawab ucapan kami dan tidak menyalahkan kami”. فقول أدهم في العيدين ينصرف إلى
ما عهد في الشرع وهو عيد الفطر والأضحى ، ولأنه لا يوجد عيدين سنويين في الإسلام إلا
هذين اليومين Dua ied dalam riwayat di atas tentu maknanya adalah ied yang
dikenal dalam syariat yaitu Iedul Fitri dan Iedul Adha. Tambahan lagi tidak ada
dalam Islam dua ied tahunan kecuali dua hari tersebut. وأيضا فإن كل من ذكر التهنئة
يذكرها في باب صلاة العيدين ، ولو كان المقصود عيد الفطر لقيدوه حتى لا يفهم من الإطلاق
أنهم أرادوا العيدين المعروفين عند المسلمين، Di samping itu bahasan tentang
ucapan selamat berupa taqabbalallahu minna wa minka disebutkan oleh para ulama
dalam bab shalat dua hari raya. Andai yang diinginkan hanyalah iedul fitri
tentu para ulama akan menegaskannya agar penjelasan mereka tidak dipahami
dengan dua hari raya yang dikenal oleh kaum muslimin. ثم نقول : ما وجه التفرقة بين
عيد الفطر؛ وعيد الأضحى؛ وكل منهما جاء بعد عبادة فعلها المسلم تقربا إلى الله ؟ فلما
يخص هذا بالتحية والدعاء دون هذا ؟ مع عدم ثبوت شيء عن النبي في ذلك Demikian
pula, dengan alasan apa kita bedakan iedul fitri dengan iedul adha padahal
masing-masing dari keduanya adalah hari raya yang datangnya setelah sebuah
ibadah yang dikerjakan oleh seorang muslim dalam rangka mendekatkan diri kepada
Allah? Mengapa ucapan taqabbalallahu minna wa minka hanya dikhususkan untuk
Iedul Fitri tanpa Iedul Adha? Selain itu, bacaan ini tidaklah berasal dari Nabi
namun dari para shahabat.
Sumber:
http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=14987 dengan peringkasan. Artikel
www.ustadzaris.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar